Rapat Koordinasi Indeks Kepemimpinan Kepala Daerah Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2023

13 November 2023 Admin Website Berita 46
Rapat Koordinasi Indeks Kepemimpinan Kepala Daerah Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2023

nama); ?>

Rapat Koordinasi Indeks Kepemimpinan Kepala Daerah Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2023

Menindaklanjuti Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2020 tentang Indeks Kepemimpinan Kepala Daerah,  Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Kalimantan Timur melalui Bidang Sosial dan Pemerintahan menggelar Rapat Koordinasi Indeks Kepemimpinan Kepala Daerah (IKKD) Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2023 yang dilaksanakan di Ruang Rapat Peneliti I Brida Kaltim.

Acara dibuka dengan sambutan Kepala Brida Kaltim, Dr.M. Ir. H. Fitriansyah, ST, MM didampingi Kepala Bidang Sosial dan Pemerintahan, Dra. Endang Sugiatik, SE, M.Si dihadiri oleh Perangkat Daerah Provinsi, Perangkat Daerah Kabupaten/Kota BKAD, BAPPEDA / BALITBANGDA / BRIDA / BAPERIDA, dan Inpektur Daerah  serta Unsur Brida Kaltim baik yang hadir secara Daring dan Luring.

“Rapat Koordinasi ini dimaksudkan untuk berkoordinasi dan mensinkronisasikan terkait dengan IKKD Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2023” kata Fitriansyah.

Fitriansyah berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian/Lembaga terkait lainnya sebagai bahan pendukung perumusan kebijakan terkait kinerja kepala daerah dan manfaat bagi Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota yang memiliki kapabilitas mewujudkan tujuan otonomi daerah yaitu disatu sisi mampu menciptakan kesejahteraan masyarakat melalui pelayanan publik, peningkatan keberdayaan dan partisipasi masyarakat, serta daya saing dan sisi lain mampu menciptakan demokrasi didaerah untuk terwujudnya kedewasaan politik, stabilitasi politik, persamaan politik dan responsivitas terhadap kebutuhan daerah.

IKKD bertujuan untuk mengukur dan menilai kepemimpinan kepala daerah dalam memimpin penyelenggaraan pemerintah daerah, menetapkan kepala daerah terbaik dalam memimpin penyelenggaraan pemerintah daerah, memberikan penghargaan kepada Kepala Daerah terbaik dalam memimpin penyelenggaraan pemerintah daerah, melakukan publikasi atas hasil pengukuran dan penilaian kepemimpinan kepala daerah, dan memotivasi Kepala Daerah dalam meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah.

Adapun maksud kegiatan IKKD ini tidak hanya untuk penilaian penyelenggaran Pemerintahan Daerah namun juga pemberian penghargaan kepada Kepala Daerah terbaik dalam bentuk Leadership Award setiap tahunnya untuk memotivasi daerah lainnya.

Rapat Koordinasi ini menghadirkan Dr. Yusharto Huntoyungo, M.Pd. (Kepala BSKDN Kemendagri RI), Dr. Drs. Akbar Ali, M.Si (Kepala Pusat Strategi Kebijakan Politik, Hukum dan Pemerintahan dalam Negeri BSKDN), Jifvy Magdalena Dina Paomey, S.IP, M.Ak, CGAA (Analis Keuangan Pusat dan Daerah Ahli Muda-Direktorat Perencanaan Anggaran Daerah, Dirjen Bina Kuda Kemendagri RI), Dr. Iman Surya, S.Sos, M.Si (Dosen FISIP Universitas Mulawarman) dan Dr. Brando Marlon Humiras NaibahoM.Ec.Dev., Analis Kebijakan Ahli Muda di BSKDN Kemendagri sebagai Narasumber.

#BridaKaltim #Rakor #IKKD #KaltimMaju #KaltimBerdaulat #KaltimUntukNusantara


Berita Terkait