Kepala BRIDA Kaltim menerima kunjungan dari Peneliti Ahli Utama Pusat Riset Teknologi Hidrodinamika - BRIN

23 April 2024 Admin Website Berita 119
Kepala BRIDA Kaltim menerima kunjungan dari Peneliti Ahli Utama Pusat Riset Teknologi Hidrodinamika - BRIN

Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Kalimantan Timur Dr. M. Ir. H. Fitriansyah, ST, MM menerima kunjungan dari Peneliti Ahli Utama Pusat Riset Teknologi Hidrodinamika, Badan Riset dan Inovasi Nasional Prof. Dr. Ir. Buana Ma’ruf, M.Sc., MM, MRINA, Bertempat di Co-Working Space (CWS) Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Selasa (23/4/24).

Kunjungan ini dalam rangka silaturahmi sekaligus diskusi mengenai kegiatan "Strategi Pengembangan Pusat Pertumbuhan Ekonomi Regional Kalimantan di sepanjang Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI II)" yang diselenggarakan oleh BRIDA Kaltim pada tahun anggaran 2024.

Pada diskusi kali ini, beliau menyampaikan bahwa Kalimantan Timur sangat strategis mengingat letaknya sebagai buffer zone IKN dan dilewati oleh jalur perdagangan dunia yang strategis, yaitu ALKI II. Perlu dibangun klaster industri komponen dan manufaktur di Kalimantan Timur guna mendukung Indonesia sebagai poros maritim dunia. ALKI II diprediksi akan menggantikan ALKI 1, yaitu Selat Malaka.

Beliau menyatakan bahwa Indonesia, melalui Kalimantan Timur, harus menyikapi tantangan ini dengan baik. Jangan mau kalah lagi dengan Singapura atau Cina, di mana kita selalu mengimpor produk dan teknologi maritim. Kita harus bisa membuatnya sendiri. "Jika ingin sejahtera setengah-setengah, maka teruslah mengekspor barang mentah. Tetapi jika ingin pertumbuhan tinggi dan kesejahteraan merata, ekspor barang setengah jadi atau barang jadi. Jangan kalah bersaing dengan Singapura," tambahnya. Pengembangan sektor ekonomi berkelanjutan juga perlu dilakukan di Kalimantan Timur, mengingat Kaltim memiliki wilayah, SDM, dan SDA yang besar ini menjadi momentum yang baik.

Kepala BRIDA Provinsi Kaltim menyambut baik kunjungan ini dan berharap Prof. Dr. Ir. Buana Ma’ruf, M.Sc., MM, MRINA dapat memberikan masukan dan dukungan untuk riset ini.


Berita Terkait